Sabtu, 14 Juli 2012

Makanan Ikan Cupang

pakan ikan cupang
Makanan Ikan Cupang sangat beragam,baik yang alami maupun yang hasil produksi kemasan. namun perlu di tegaskan ikan cupang mempunyai karakter yang unik.Makanan Ikan Cupang terbaik adalah pakan hidup.

Cupang sejatinya adalah ikan pemburu sehingga berburu adalah watak alaminya. Pakan hidup akan menstimulasinya untuk memangsa. Tidak jarang ditemukan kasus2 dimana cupang tidak mau makan, karena pakan yg diberikan adalah pakan kering/ beku (sudah mati).
Makanan Ikan Cupang yang diberikan antara lain :
1. Jentik-jentik nyamuk. Serok saja dari alam dengan menggunakan saringan. Kelebihan dari jentik ialah ukuran yg diberikan bisa dipilih sesuai dengan ukuran bukaan mulut ikan. Berikan jentik berupa larva (berdiri terbalik di permukaan air), bukan kepompong (bulat, tampak seperti bongkok). Jentik yang sudah berubah menjadi kepompong tidak baik untuk cupang, karena bisa menyebabkan perut buncit dan akhirnya ikan cupang tersebut mati.

2. Kutu air. Kutu air juga tersedia dari alam atau beli di pedagang ikan. Kutu air tidak selalu tersedia di alam, budidaya nya pun cukup sulit, sehingga harganya cukup mahal di pasaran. Kelebihan dari kutu air ialah protein tinggi dan mudah dicerna (bahkan untuk benih ikan cupang).

3. Cacing sutra. Cacing ini sangat mudah ditemukan, baik di alam (biasanya di bantaran kali) atau di pedagang. Selain teksturnya halus, harganya terbilang murah. Jumlahnya biasa menurun ketika musim hujan. Cacing ini menempati rekomendasi kedua dari sekian banyak Makanan Ikan Cupang yang banyak di sarankan.
4. Cacing darah (bloodworm). Cacing ini sebenarnya tidak termasuk jenis cacing, tetapi larva jenis nyamuk Chironomus sp. dan biasanya dijual dalam bentuk beku. Meski proteinnya tinggi, tapi cupang biasanya tidak tertarik untuk memakannya, karena sudah mati. Solusinya ialah memberikan cacing darah hidup. Cacing ini memiliki kemungkinan membuat cupang buncit, krn cukup keras untuk dicerna.
Budidaya cacing ini mudah

5. Microworm, Cacing yang sangat halus, dan berwarna putih atau krem. Cocok untuk anakan atau dewasa. Cacing ini sulit untuk didapat karena belum banyak yang membudidayakan. Cacing ini menempati rekomendasi terbaik 

Semoga Artikel tentang Makanan Ikan Cupang ini membantu anda dalam pemeliharaan ikan cupang

0 komentar:

Posting Komentar